JavaScript Menu Powered by ?
Website Resmi Pemerintah Kota Salatiga


Link
LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KPU Kota Salatiga

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kota Salatiga

Badan Pembinaan Hukum Nasional

Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah
 
Berita   Terminal Jensud Pernah Jadi yang Terindah

Senin, 10 Oktober 2011
Terminal Jensud Pernah Jadi yang Terindah

SALATIGA - Dari zaman penjajahan Belanda hingga saat ini, setidaknya terminal bus Kota Salatiga sudah beberapa kali mengalami perpindahan.
Menurut Eddy Supangkat, pemerhati sejarah dan penulis buku Salatiga Sketsa Kota Lama, kali pertama, terminal berada di Pasar Berdikari, di ujung Jalan Taman Pahlawan, atau saat ini di lokasi kompleks eks Ruko Hasil.
Kemudian pada tahun 1984, terminal di pindah ke Jalan Jendral Sudirman. Terminal Kota Salatiga berada di Jalan Jendral Sudirman ini cukup lama, yakni selama 31 tahun.

Saat masih berada di Jalan Jendral Sudirman itulah, terminal bus Salatiga mencapai zaman keemasan dan pernah diaangap sebagai terminal terindah di Indonesia. Sejak zaman penjajahan Belanda, kawasan Tamansari dikenal sebagai jantung kota,pusat perniagaan dan keramaian Kota Salatiga. Dikatakan terindah karena bangunan terminal tersebut dirancang dengan sentuhan seni.

Lokasi terminal konon bekas danau kecil yang sudah mengering sehingga memiliki kontur tanah yang berbeda.
Oleh sang arsitek, perbedaan tinggi tanah itu memberikan inspirasi untuk membangun terminal yang lain dari yang lain. Buku Sketsa Kota Lama desebutkan, adanya perbedaan ketinggian tanah itu membuat terminal bus di bikin bertingkat, dengan arsitektur yang khas dan indah. Lantai satu di pergunakan sebagai tempat parkir bus,berikut ruang tunggu penumpang yang dilengkapi dengan deretan kursi jati yang rapi. Di lantai pertama juga terdapat kantor Dinas Lalu-lintas dan Angkutan Jalan Raya Salatiga.
Sementara lantai dua dipakai sebagai rumah makan dan toko suvenir. Atap terminal yang dari beton sekaligus menjadi pelataran bagi rumah makan di atasnya. Dari pelataran itu, pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo di sisi selatan dan kompleks kebun bintang di sisi utara.

Thomas Karsten
Eddy Supangkat menambahkan, konon konsultan pembangunan terminal Salatiga adalah Thomas Karsten, insinyur Belanda yang juga membuat Pasar Johar dan Pasar Peterongan Semarang.
"Saya tidak punya data tertulis,tapi secara lisan pernah mendengar kalau konsultannya adalah Thomas Karsten. Tapi kalau dilihat fisiknya dengan gaya art deconya, kok selaras ya, kalau itu ada sentuhan Thomas Karsten," tandas Eddy Supangkat.
Sampai pada tahun 1979,terminal Salatiga kemudian di bongkar dan di pindah ke daerah Soka, Sidorejo.
"Pertimbangan terminal bus dipindah dari Tamansari ke Soka adalah supaya bus tidak masuk ke kota, karena saat itu di kota lain bus-bus juga tidak masuk ke kota," terang Eddy Supangkat. Waktu itu, banyak pihak yang menyayangkan bangunan itu harus di hancurkan dan didirikan bangunan yang baru. Lokasi terminal bus itu sekarang menjadi kompleks pertkoan Tamansari.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Kota Salatiga, Bustanul Arifin SH., mengungkapkan, saat ini memeng ada wacana untuk memenindah terminal bus Tingkir.
"Namun wacana yang ada tidak hanya sekedar memindah terminal saja tapi juga mengrmbangkan terminal bus Salatiga menjadi tipe A, karena sekarang baru tipe B," tandasnya.



Sumber: Suara Merdeka, Jumat,7 Oktober 2011, halaman L

Berita ini telah dibuka sebanyak 5946 kali. 

2011-10-10_TerminalJensudPernahJadiYangTerindah.jpg




« Daftar Berita







  Radio Streaming Radio Suara Salatiga
Suara Salatiga
Radio Suara Salatiga 99.9 FM
- Live Streaming -





Info Penting

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2009
 (3.081.304 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2011
 (7.073.363 bytes)

»Salatiga Dalam Angka Tahun 2012
 (8.173.109 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2011-2016
 (3.880.127 bytes)

»Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005-2025
 (482.317 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016
 (2.855.027 bytes)

»Data Pembangunan Tahun 2015
 (7.038.446 bytes)

»Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017
 (3.971.838 bytes)

[Dikirim oleh: Bappeda]


  © 2011-2018 Pemerintah Kota Salatiga   Kontak: humas@salatigakota.go.id